ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MAHASISWA AKUNTANSI MELAKUKAN TINDAK KECURANGAN AKADEMIK PADA PEMBELAJARAN ONLINE (Studi Kasus Mahasiswa Akuntansi Universitas di Yogyakarta)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh pressure terhadap
tindak kecurangan akademik pada pembelajaran online pada mahasiswa akuntansi
universitas di Yogyakarta, (2) pengaruh competence terhadap tindak kecurangan
akademik pada pembelajaran online pada mahasiswa akuntansi universitas di
Yogyakarta, (3) pengaruh opportunity terhadap tindak kecurangan akademik pada
pembelajaran online pada mahasiswa akuntansi universitas di Yogyakarta, (4)
pengaruh arrogance terhadap tindak kecurangan akademik pada pembelajaran
online pada mahasiswa akuntansi universitas di Yogyakarta, (5) pengaruh
rationalization terhadap tindak kecurangan akademik pada pembelajaran online
pada mahasiswa akuntansi universitas di Yogyakarta, dan (6) pengaruh
religiusitas terhadap tindak kecurangan akademik pada pembelajaran online pada
mahasiswa akuntansi universitas di Yogyakarta.
Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Akuntansi S1 di
perguruan tinggi negeri maupun swasta yang tercakup dalam wilayah Yogyakarta
baik yang sedang berada di Yogyakarta maupun di luar daerah. Teknik
pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel
sebanyak 200 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang
telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan
adalah regresi berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan
signifikan pressure terhadap tindak kecurangan akademik pada pembelajaran online pada mahasiswa akuntansi universitas di Yogyakarta, (2) terdapat pengaruh
positif dan signifikan competence terhadap tindak kecurangan akademik pada
pembelajaran online pada mahasiswa akuntansi universitas di Yogyakarta, (3)
terdapat pengaruh positif dan signifikan opportunity terhadap tindak kecurangan
akademik pada pembelajaran online pada mahasiswa akuntansi universitas di
Yogyakarta, (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan arrogance terhadap
tindak kecurangan akademik pada pembelajaran online pada mahasiswa akuntansi
universitas di Yogyakarta, (5) terdapat pengaruh positif dan signifikan
rationalization terhadap tindak kecurangan akademik pada pembelajaran online
pada mahasiswa akuntansi universitas di Yogyakarta, dan (6) terdapat pengaruh
negative dan signifikan religiusitas terhadap tindak kecurangan akademik pada
pembelajaran online pada mahasiswa akuntansi universitas di Yogyakarta.
Collections
- Akuntansi [4432]