PENGARUH RELIGIUSITAS DAN MACHIAVELLIANISME TERHADAP PERSEPSI ETIS MAHASISWA AKUNTANSI (Studi Empiris pada Mahasiswa S1 Akuntansi Perguruan Tinggi di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta)
Abstract
Reputasi bisnis telah dinodai dengan berbagai parade skandal keuangan
yang disebabkan oleh perilaku tak etis oleh profesional akuntansi yang tersebar
luas. Perilaku tidak etis sendiri dimotori oleh beberapa aspek internal individual
seperti rasa keberagamaan dan sifat kepribadian seseorang. Oleh karenanya,
penelitian ini didesain untuk menguji hubungan antara religiusitas dan
Machiavellianisme terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi.
Peneliti melakukan survey kepada sebanyak 200 mahasiswa S1 akuntansi
pada beberapa Perguruan Tinggi di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta,
menggunakan purposive sampling. Dengan kuesioner yang valid dan reliabel
sebagai instrumen penelitian, penelitian ini menguji dua hipotesis penting: apakah
religiusitas secara positif berpengaruh terhadap persepsi etis mahasiswa (H1) dan
apakah Machiavellianisme berpengaruh negatif terhadap persepsi etis mahasiswa
(H2). Kuesioner dalam penelitian ini terdiri atas empat bagian: Informasi demografi
responden, pertanyaan-pertanyaan mengenai variabel persepsi etis, religiusitas, dan
Machiavellianisme. Data yang telah terkumpul dianalisis lebih lanjut menggunakan
perangkat lunak IBM SPSS Statistics-21. Metode analisis data yang digunakan
adalah analisis regresi liniear berganda. Hasil penelitian menemukan bukti bahwa:
(1) Religiusitas berpengaruh positif terhadap persepsi etis mahasiswa dan (2)
Machiavellianisme berpengaruh negatif terhadap persepsi etis mahasiswa.
Kata kunci: persepsi etis, religiusitas, Machiavellianisme.
Collections
- Akuntansi [4426]