PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, LEVERAGE DAN CORPORATE SOCIAL RESPONBILITY TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK
Abstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menguji pengaruh ukuran
perusahaan, profitabilitas, leverage, dan corporate social responbility
terhadap agresivitas pajak. Populasi dalam penelitian ini yaitu perusahaan
sector keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2016-
2019. Sampel dalam penelitian sebanyak 36 perusahaan yang dipilih dengan
metode purposive sampling. Metode analisis pada penelitian ini
menggunakan analisis linier berganda dan dilakukan dengan menggunakan
program IBM SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan
berpengaruh negative dan signifikan terhadap agresivitas pajak, profitabilitas
berpengaruh positif dan signifikan terhadap agresivitas pajak, leverage
berpengaruh negatif dan signifikan terhadap agresifitas pajak, dan corporate
social responbility berpengaruh negating dan signifikan terhadap agresivitas
pajak.
Collections
- Akuntansi [4426]