PENGARUH LEVERAGE, PROFITABILITAS, DAN SIZE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BEI DENGAN PENGUNGKAPAN CSR SEBAGAI VARIABEL PEMODERATING
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari leverage, profitabilitas,
dan size terhadap nilai perusahaan dengan pengungkapan CSR sebagai variabel
pemoderasinya. Variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah ukuran
perusahaan yang diproksikan oleh PBV. Variabel independen yang digunakan adalah
leverage (DER), profitabilitas (ROA), dan ukuran perusahaan (SIZE). Sedangkan
variabel moderasi yang digunakan adalah pengungkapan CSR yang diproksikan oleh
CSRDI. Penelitian ini menggunakan data yang diambill dari laporan tahunan perusahaan
sub sektor kosmetik dan keperluan rumah tangga yang terdaftar dalam BEI pada periode
2015 sampai 2019. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah purposive sampling
dari IDX dan website dari masing-masing perusahaan. Teknik analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Moderated Regression Analysis (MRA).
Bersasarkan hasil yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa leverage tidak berpengaruh
terhadap nilai perusahaan, profitabilitas berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan,
size berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan, pengungkapan CSR dapat
memoderasi hubungan leverage dengan nilai perusahaan, pengungkapan CSR tidak dapat
memoderasi hubungan anatara profitabilitas dengan nilai perusahaan, serta pengungkapan
CSR tidak dapat memoderasi hubungan antara size dengan nilai perusahaan.
Collections
- Akuntansi [4426]