Faktor-Faktor Pengaruh Keputusan Masyarakat Menyalurkan Donasi Melalui Platform Financial Technology Crowdfunding Berbasis Online
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor pengaruh keputusan
masyarakat dalam menyalurkan donasi melalui platform financial technology
crowdfunding, antara lain: brand awareness, religiusitas, akuntabilitas pelaporan
keuangan, pendapatan, kepercayaan, kemudahan, dan jiwa sosial. Banyaknya
sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 160 orang melalui metode
survei dengan teknik pengambilan sampel yaitu convenience sampling. Subjek
penelitian yang digunakan yaitu responden yang memiliki pekerjaan atau
penghasilan yang bertempat tinggal di Daerah Istimewa Yogyakarta dan beragama
Islam. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan
bantuan pengolahan data menggunakan IBM SPSS Versi 26. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa brand awareness, religiusitas, kepercayaan dan jiwa sosial
memiliki pengaruh positif terhadap minat berdonasi melalui platform financial
technology crowdfunding. Akuntabilitas pelaporan keuangan, pendapatan dan
kemudahan tidak berpengaruh positif terhadap minat berdonasi melalui platform
financial technology crowdfunding. Penelitian ini selanjutnya dapat digunakan
untuk pihak akademisi, platform donasi online, dan masyarakat dalam memahami
faktor-faktor pengaruh keputusan masyarakat untuk menyalurkan donasi online.
Collections
- Akuntansi [4426]