FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PENGGUNAAN E-COMMERCE (Studi Kasus pada Mahasiswa Pengguna Shopee Di Jawa Tengah- DIY)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh ekspektasi kinerja, ekspektasi
kinerja, pengaruh sosial, kondisi pendukung, motivasi hedonis, nilai harga,
kebiasaan, minat penggunaan, dan perilaku penggunaan terhadap minat
penggunaan Shopee pada mahasiswa Jawa Tengah – DIY. Objek dalam penelitian
ini adalah mahasiswa di Jawa Tengah – DIY yang menggunakan Shopee dalam
pembelian online. Jenis data yang diambil merupakan data primer berupa kuesioner
online melalui google form. Metode yang digunakan dalam yaitu metode penelitian
kuantitatif dengan menggunakan Partial Least Square (PLS) untuk membuktikan
pengaruh antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pengaruh
sosial, kondisi fasilitas, dan kebiasaan berpengaruh positif terhadap minat
penggunaan Shopee sedangkan ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, motivasi
hedonis, nilai harga tidak berpengaruh terhadap minat penggunaan Shopee.
Sementara itu, kondisi fasilitas dan kebiasaan berpengaruh terhadap perilaku
penggunaan Shopee, sedangkan minat penggunaan tidak berpengaruh terhadap
perilaku penggunaan Shopee.
Collections
- Akuntansi [4444]