dc.contributor.advisor | Muamar Nur Kholid, S.E., M.Ak., Akt. | |
dc.contributor.author | Nurhidayanti, Dita | |
dc.date.accessioned | 2023-05-04T02:59:27Z | |
dc.date.available | 2023-05-04T02:59:27Z | |
dc.date.issued | 2023-03-31 | |
dc.identifier.uri | http://dspace.uii.ac.id/123456789/43697 | |
dc.description.abstract | Adanya wabah pandemi Covid-19, telah mengubah praktik pembelajaran
untuk mengadopsi sistem pembelajaran daring. Perubahan praktik ini telah
mengindikasi meningkatnya perilaku kecurangan akademik khususnya di kalangan
mahasiswa dengan adanya keleluasaan menggunakan internet untuk melakukan
kecurangan. Di dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor seseorang
melakukan tindakan kecurangan akademik dengan dasar pengembangan dari teori
segitiga penipuan. Dari teori tersebut akan mengembangkan bagaimana faktor
tekanan, kesempatan dan rasionalisi dapat berpengaruh terhadap tindakan perilaku
kecurangan akademik. Melalui penggunaan kuesioner yang dibagikan kepada
mahasiswa di fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia, hasil
penelitian ini mengungkapkan bahwa faktor tekanan dan rasionalisasi menjadi
faktor yang dapat memengaruhi seseorang melakukan kecurangan akademik pada
saat pembelajaran daring sedangkan faktor kesempatan tidak memiliki pengaruh
terhadap tindakan kecurangan akademik. | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Indonesia | en_US |
dc.subject | Pembelajaran Daring | en_US |
dc.subject | Kecurangan Akademik | en_US |
dc.subject | Teori Segitiga Penipuan | en_US |
dc.subject | Tekanan | en_US |
dc.subject | Kesempatan | en_US |
dc.subject | Rasionalisasi | en_US |
dc.title | PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK MAHASISWA: PERSPEKTIF FRAUD TRIANGLE THEORY PADA SAAT PANDEMI COVID-19 (Studi pada Mahasiswa Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia) | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
dc.Identifier.NIM | 18312418 | |