dc.contributor.advisor | Dr. Dra. Rahmani Timorita Yulianti | |
dc.contributor.author | Giovani Aprilia Amadea | |
dc.date.accessioned | 2017-11-16T06:47:22Z | |
dc.date.available | 2017-11-16T06:47:22Z | |
dc.date.issued | 2017-06-08 | |
dc.identifier.uri | https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/4355 | |
dc.description.abstract | Perkembangan teknologi dan kebudayaan mempengaruhi sikap dan gaya hidup
seseorang. Gaya hidup menggambarkan “keseluruhan diri seseorang” yang berinteraksi
dengan lingkungannya. Salah satu gaya hidup yang trend dan diminati berbagai masyarakat
termasuk mahasiswa adalah gaya hidup modern. Gaya hidup modern memang sangat
mempengaruhi konsumen dalam pengambilan keputusan untuk berkonsumsi, karena imageimage
bagus akan timbul apabila kita dapat mengikuti gaya hidup modern tersebut.
Khususnya dalam masalah pergaulan, tempat pergaulan dan gaya dalam berpenampilan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahuidanmenganalisisvariabelvariabelyang
mempengaruhiperilaku konsumsi dalam perspektif ekonomi Islam. Sampel
dalam penelitian ini adalah mahasiswaEkonomi Islam Universitas Islam Indonesia dan
mahasiswa Ekonomi Islam Universitas Darussalam Gontor.Penyusun menggunakan
kuesioner untuk mengumpulkan informasi, sedangkan sampel penelitian ini adalah
35mahasiswaEkonomi Islam Universitas Islam Indonesia dan mahasiswa Ekonomi Islam
Universitas Darussalam Gontor angkatan 2012, 2013, 2014. Penelitian ini menggunakan
metode analisis regresi berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruhgaya hidup mahasiswaberpengaruh
signifikan terhadap perilaku konsumsi Islam mahasiswa UII dan UNIDA. Serta berdasarkan
uji man whitney untuk uji perbandingan pengaruh gaya hidup terhadap perilaku konsumsi
mahasiswa Ekonomi Islam UII dan UNIDA dapat diketahui bahwavariabel gaya hidup
terhadap perilaku konsumsi yang paling berpengaruh adalah mahasiswa UNIDA dengan
mean 37% dan mean 34% mahasiswa UII dilihat berdasarkan jawaban kuisioner yang telah
diteliti. Hasil Uji t menyimpulkan bahwa ada variabel yang tidak memiliki pengaruh
signifikan terhadap perilaku konsumsi yaitu variabel aktivtas pada mahasiswa UII dan
UNIDA serta variabel minat pada mahasiswa UII. | id |
dc.publisher | Universitas Islam Indonesia | id |
dc.title | Pengaruh Gaya Hidup Mahasiswa terhadap Perilaku Konsumsi dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Islam (UII) dan Mahasiswa Ekonomi Islam (UNIDA) | id |
dc.type | Undergraduate Thesis | en_US |