Show simple item record

dc.contributor.authorSari, Melisa Akma
dc.contributor.authorGunama, M. Galieh
dc.date.accessioned2023-04-14T05:48:42Z
dc.date.available2023-04-14T05:48:42Z
dc.date.issued2020-02-02
dc.identifier.isbn978-602-450-490-8
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/43528
dc.description.abstractSejatinya banyak proses pembelajaran yang dapat dilakukan di dalam studio perancangan arsitektur. Di Indonesia sendiri terjadi pergeseran metode pembelajaran dari teacher centered learning ke student centered learning. Dalam hal ini pembelajaran aktif (active learning) antar mahasiswa sangat dibutuhkan terutama dalam proses diskusi dan evaluasi. Untuk merespon hal tersebut penelitian ini membahas pembelajaran aktif antar mahasiswa. Pada tahapan lebih lanjut penelitian mengambil layout furnitur studio sebagai object yang mewadahi pembelajaran aktif antar mahasiswa. Penelitian ini menunjukan bagaimana layout furnitur yang memiliki jarak jangkauan paling mudah berdasarkan zona jarak proxemics dan responden, dalam pembelajaran aktif antar mahasiswa. Untuk itu diambil studi kasus 3 sample layout furniture studio arsitektur. Setelah itu layout furniture dianalisis berdasarkan perhitungan zona jarak proxemics dan data dari responden. Hasil penelitan ini menunjukan bahwa analisis perhitungan berdasarkan proxemic dan responden memiliki kesimpulan yang sama. Walaupun memiliki perbandingan presentasi angka yang berbeda pada setiap layout furnitur. Hasil penelitian juga menunjukan keberagaman sudut pandang responden dalam menilai jarak kemudahan layout furnitur. Dimana responden melihat kemudahan jarak dari sudut pandang dari faktor kedekatan, kerenggangan dan arah hadap. Penelitian jangkauan jarak layout furnitur ini berguna dalam memberi analisis jarak yang cukup dalam metode pembelajaran aktif antar mahasiswa di dalam studio perancangan arsitektur.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.relation.ispartofseriesSakapari 5;
dc.subjectStudio Perancangan Arsitekturen_US
dc.subjectLayout Furnitureen_US
dc.subjectPembelajaran Aktifen_US
dc.subjectProxemicsen_US
dc.titlePENGARUH JARAK KOMUNIKASI LAYOUT FURNITURE RUANG STUDIO TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN AKTIF PEER-TO PEER MAHASISWA ARSITEKTUR (Studi Kasus : Studio Arsitektur UII, ITENAS dan UNIKA.)en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record