Show simple item record

dc.contributor.authorAyunda, Brenda Devita Putri
dc.contributor.authorTisnawati, Endah
dc.date.accessioned2023-04-12T08:27:04Z
dc.date.available2023-04-12T08:27:04Z
dc.date.issued2021-02-20
dc.identifier.isbn978-602-450-625-4
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/43475
dc.description.abstractKabupaten Gresik memiliki tingkat kemiskinan yang tinggi di Jawa Timur. Perekonomian menjadi salah satu faktor rendahnya tingkat pendidikan. Sekolah perempuan gagasan MAMPU bersama LSM di Gresik telah dibangun dengan dukungan pemerintah setempat, namun fasilitas yang ada membutuhkan pengembangan inovasi yang layak. Maka diperlukan fasilitas yang dapat memenuhi kegiatan edukasi yaitu dengan pusat pemberdayaan perempuan. Metode yang diterapkan menggunakan konsep ekokultural, kaitannya dengan hubungan antara lingkungan dan manusia sebagai makhluk hidup, serta kesesuaian kultur masyarakat di kawasan sub-urban. Untuk meningkatkan partisipasi perempuan di sub-urban dan pedesaan, lebih mudah menggunakan pendekatan budaya sebagai katalisator. Desain menerapkan prinsip prinsip ekokultural. Pertama citra ruang, mengkaji tentang pembentukan kesan ruang. Sumber pengetahuan umum, merupakan pembelajaran alam dan lingkungan yang bertujuan untuk mengenal budaya setempat. Ketiga citra bangunan, langgam bangunan yang berkaitan dengan identitas dan kesan visual bangunan. Teknologi dan material mengulas mengenai metode, kreasi, teknik, dan hubungan kehidupan bermasyarakat. Serta konsep nilai setempat, membahas konsep norma setempat dengan mempelajari cara tinggal melalui bangunan yang diadaptasi dengan fisik dan karakteristik lokal. Adanya pusat pemberdayaan ini diharapkan perempuan dapat memperoleh kesetaraan hak-haknya dengan laki-laki dan menjadi perempuan mandiri yang lebih berani bertindak, serta memiliki kualitas hidup yang lebih baik.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.relation.ispartofseriesSakapari 7;
dc.subjectekokulturalen_US
dc.subjectpemberdayaan perempuanen_US
dc.subjectpendidikan perempuanen_US
dc.subjectperempuan marginalen_US
dc.titleTelaah Konsep Arsitektur Ekokultural Pada Gerakan Pendidikan Kaum Perempuan Marginal Di Kabupaten Gresiken_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record