Hubungan Perspektif Waktu Masa Depan Dan Kematangan Karir Pada Siswa Smk
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empirik bagaimana hubungan antara
perspektif waktu masa depan dan kematangan karir pada siswa SMK. Hipotesis
yang diajukan adalah akan ada hubungan positif antara perspektif waktu masa
depan dan kematangan karir pada siswa SMK. Desain penelitian ini adalah
metode kuantitatif dengan desain korelasional. Pengambilan data dilakukan
menggunakan kuesioner google form secara daring kepada 190 siswa SMK SMTI
Yogyakarta kelas X-XII. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah
adaptasi Bahasa Indonesia dari Career Maturity Inventory (CMI) Screening Form
S (Savickas dan Porfeli, 2011) dan modifikasi dari Skala Perspektif Waktu Masa
Depan (Asman, 2012). Uji hipotesis dilakukan menggunakan teknik Pearson
Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan ditemukan hubungan positif yang
signifikan antara perspektif waktu masa depan dan kematangan karir pada siswa
SMK dengan nilai r=0.421 dan nilai p=0.000 (p<0.05).
Collections
- Psychology [2221]