EVALUASI WARNA SIGNAGE TERHADAP VISIBILITASNYA PADA MALL DI YOGYAKARTA
Abstract
Pada era sekarang, mall memiliki dimensi besar dan luas, Karena harus bisa menampung banyak orang dengan berbagai macam kegiatan. Pada keadaan tersebut, maka orang yang sedang beraktivitas di dalam mall terkadang akan kesulitan dalam proses wayfinding-nya. Wayfinding di dalam ruangan dapat dibantu dengan menggunakan signage. Oleh karena itu, salah satu
tantangan desain dalam bangunan dapat berkaitan dengan visibilitas atau terlihatnya signage tersebut oleh mata manusia. Penelitian ini menggunakan metode kuisioner yang akan diajukan pada remaja yang berisi pemilihan dan penilaian warna signage yang memudahkannya ditemukan pada Ambarrukmo Plaza, Jogja City Mall dan Malioboro Mall. Penelitian ini menghasilkan bahwa warna merah merupakan warna signage yang mudah ditemukan. Kemudian, pria menilai karakteristik warna signage yang dipilihnya karena terlihat, sedangkan wanita karena menarik.