ANALISIS NIAT PERILAKU DALAM BELANJA ONLINE MENGGUNAKAN MODEL MODIFIKASI UTAUT2
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ekspektasi usaha,
motivasi hedonis, nilai harga, kondisi yang memfasilitasi, kebiasaan, pengaruh
sosial, persepsi risiko, dan persepsi biaya terhadap niat perilaku. Populasi dalam
penelitian ini yaitu mahasiswa pengguna e-commerce untuk melakukan belanja
online yang sedang menempuh studi di Yogyakarta. Purposive sampling
merupakan teknik pengambilan sampel yang digunakan dan memperoleh sampel
sebanyak 159 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner.
Pengujian hipotesis menggunakan smartPLS 3. Penelitian ini membuktikan bahwa
motivasi hedonis, kebiasaan, dan pengaruh sosial berpengaruh positif signifikan
terhadap niat perilaku, persepsi biaya berpengaruh negatif signifikan terhadap niat
perilaku, nilai harga dan kondisi yang memfasilitasi tidak memiliki pengaruh
signifikan terhadap niat perilaku. Ekspektasi usaha berpengaruh negatif terhadap
niat perilaku, berlawanan dengan hipotesis. Sedangkan persepsi risiko
berpengaruh positif terhadap niat perilaku, berlawanan dengan arah hipotesis.
Collections
- Akuntansi [4424]