PENGARUH LEVERAGE, PROFITABILITAS, KOMISARIS INDEPENDEN, UMUR PERUSAHAAN, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi Empiris pada Perusahaan Yang Tergabung Dalam Indeks LQ45 Selama Tahun Periode 2017 Hingga 2020 di Bursa Efek Indonesia)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh leverage, profitabilitas,
komisaris independen, umur perusahaan, dan ukuran perusahaan terhadap nilai
pengungkapan Corporate Social Responsibility pada perusahaan yang terdaftar ke
dalam Indeks LQ45 di Bursa Efek Indonesia. Metode pengambilan data yang
dilakukan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan metode purposive
sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 sampel yang merupakan
hasil dari 25 perusahaan pada Indeks LQ45 yang menerbitkan laporan tahunan
selama tahun 2017 hingga 2020. Analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah
analisis statistik deskriptif, lalu uji asumsi klasik (uji normalitas, multikolinearitas,
heteroskedastisitas, dan autokorelasi), serta uji regresi berganda yang dilengkapi
dengan uji hipotesis dengan memanfaatkan program computer IBM SPSS versi 25.
Hasil yang penelitian ini menunjukkan bahwa leverage memiliki pengaruh negatif
terhadap nilai pengungkapan Corporate Social Responsibility sedangkan pada
variabel profitabilitas, komisaris independent, umur perusahaan, ukuran
perusahaan memiliki pengaruh positif pada nilai pengungkapan Corporate Social
Responsibility.
Collections
- Akuntansi [4444]