ANALISIS PENGARUH MEDIA MASSA, MEDIA SOSIAL, DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP NIAT MENGGUNAKAN MOBILE BANKING
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh media massa, media sosial, dan
komunikasi interpersonal terhadap niat menggunakan mobile banking pada nasabah Bank
Rakyat Indonesia di Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan responden
nasabah BRI yang berjumlah 100 orang terpilih menggunakan teknik purposive sampling.
Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan alat uji IBM SPSS
Statistic 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh yang positif dan
signifikan media massa terhadap niat menggunakan mobile banking pada nasabah Bank
Rakyat Indonesia di Yogyakarta, (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan media
sosial terhadap niat menggunakan mobile banking pada nasabah Bank Rakyat Indonesia
di Yogyakarta, (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan komunikasi interpersonal
terhadap niat menggunakan mobile banking pada nasabah Bank Rakyat Indonesia di
Yogyakarta, (4) Ada pengaruh media massa, media sosial, dan komunikasi interpersonal
terhadap niat menggunakan mobile banking pada nasabah Bank Rakyat Indonesia di
Yogyakarta dengan nilai F hitung 64,221, sehingga model penelitian dapat diterima dan
akurat. Besarnya pengaruh media massa, media sosial, dan komunikasi interpersonal
terhadap niat menggunakan mobile banking pada nasabah Bank Rakyat Indonesia di
Yogyakarta yaitu 66,70%.
Collections
- Akuntansi [4399]