FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KEPATUHAN PAJAK PADA PELAKU USAHA E-COMMERCE (Studi kasus Pada Pelaku Usaha E-Commerce di Kota Magelang)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pengetahuan
perpajakan, kesadaran membayar pajak, sosialisasi perpajakan, dan kualitas pelayanan
pajak terhadap kepatuhan pajak pada pelaku usaha E-Commerce (Studi kasus Pada
Pelaku Usaha E-Commerce di Kota Magelang). Jumlah sampel yang digunkan dalam
penelitian ini sebanyak 125 responden yang dihitung berdasarkan rumus Hair dengan
metode penentuan sampel adalah metode simple random sampling. Penelitian yang
digunakan untuk mencapai tujuan penelitian ini di antaranya adalah uji validitas, uji
reliabilitas, uji asumsi klasik, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji
heterokedastisitas, dan uji hipotesis (uji koefisien determinasi, uji F, dan uji T).Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan perpajakan, kesadaran membayar
pajak, sosialisasi perpajakan berpengaruh positif terhadap kepatuhan pajak pada pelaku
usaha E-Commerce sedangkan kualitas pelayanan pajak berpengaruh negatif terhadap
kepatuhan pajak pada pelaku usaha E-Commerce.
Collections
- Akuntansi [4399]