ANALISIS FAKTOR YANG MEMENGARUHI AUDIT DELAY PADA PERUSAHAAN CONSUMER GOODS YANG TERDAFTAR DI BEI PADA TAHUN 2015-2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari ukuran perusahaan, opini auditor,
profitabilitas, dan solvabilitas terhadap audit delay pada perusahaan consumer goods yang
terdaftar di BEI pada tahun 2015-2019. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang
didapatkan dari laporan keuangan auditan perusahaan-perusahaan consumer goods yang
terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2015-2019. Data dalam penelitian ini
didapatkan melalui homepage BEI. Penentuan sampel menggunakan purposive sampling
sehingga terpilih 36 perusahaan consumer goods yang terdaftar di BEI. Teknik analisis
data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa opini auditor dan solvabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap audit
delay. Sedangkan, pada variabel ukuran perusahaan dan profitabilitas ditolak, sehingga
dapat disimpulkan bahwa semakin besar ukuran perusahaan maka akan semakin
memprependek audit delay dan semakin tinggi profitabilitas yang didapatkan maka akan
membuat perusahaan yang bersangkutan mempercepat proses audit.
Collections
- Akuntansi [4399]