Perilaku Menolong Dan Berbagi Pengetahuan Yang Dimoderasi Etika Kerja Islam Pada Tenaga Kependidikan Perguruan Tinggi
Abstract
Isu psikologis dalam manajemen pengetahuan (knowledge management) yang dihadapi banyak
institusi nasional maupun internasional adalah bagaimana mengimplementasi salah satu unsurnya
yakni knowledge sharing behavior (perilaku berbagi pengetahuan) yang ternyata tidak mudah. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi langsung perilaku menolong dan perilaku berbagi
pengetahuan dan korelasi tidak langsung dari variabel keduanya melalui faktor etika kerja Islam
sebagai moderator. Subjek penelitian ini adalah karyawan perguruan tinggi swasta di Yogyakarta
dengan kategori tertentu dan menggunakan skala perilaku berbagi pengetahuan dari Yi bernama
knowledge sharing behavior scale , perilaku menolong dari Duang, Wong dan Yue yang bernama
helping behavior scale dan etika kerja islam dari Ali dan Al-Owaihan yang bernama islamic work ethic
scale. Hasil analisis langsung perilaku menolong dan perilaku berbagi pengetahuan sebesar 0,001
artinya berhubungan positif dan sangat signifikan, namun hasil uji F atau kontribusinya hanya sebesar
13,2%. Sementara hasil analisis hubungan tidak langsung yang dilakukan menunjukkan bahwa etika
kerja islam berperan sebagai moderator dengan nilai signifikansi sebesar 0.035 dan hasil uji F sebesar
0,243 atau 24,3%. Artinya, sebagai moderator etika kerja Islam berperan menaikkan hubungan antara
perilaku menolong dan perilaku berbagi pengetahuan sebesar 11,1%.
Collections
- Master of Psychology [369]