Implementasi Google Sheet Api Pada Webhook Chatbot Berbasis Dialogflow Untuk Penyimpanan Data Komplain
Abstract
Qiscus Multhicannel Chat merupakan produk dari Qiscus yang dapat membantu bisnis
dalam mensentralisasikan percakapan dari beberapa channel media sosial. Qiscus
Multichannel memiliki beberapa add-on yang dapat mendukung dalam menciptakan layanan
customer experience yang baik. Salah satu add-on yang menjadi produk unggulan adalah
Robolabs. Robolabs merupakan sebuah add-on chatbot builder yang dikembangkan di atas
teknologi milik Google yang bernama Dialogflow. Chatbot yang dibuat menggunakan
Robolabs akan memiliki fungsi utama untuk melakukan interaksi antara manusia dengan bot.
fungsi utama tersebut terkadang masih dianggap kurang karena Dialogflow belum memiliki
fungsionalitas dalam menyimpan data dari chat yang masuk. Untuk menambahkan
fungsionalitas penyimpanan data dari chat, Dialogflow sudah menyediakan mekanisme yaitu
dengan cara menambahkan web intermediary berjenis webhook. Untuk membuat sebuah
chatbot pada Dialogflow yang memiliki fungsionalitas penyimpanan, maka dilakukan proyek
implementasi Google Sheet API pada custom webhook. Chatbot yang dibuat akan
menggunakan studi kasus pelayanan komplain pada sebuah e-commerce. Penyimpanan yang
digunakan pada proyek ini menggunakan Google Sheet. Pemilihan Google Sheet sebagai
tempat penyimpanan data komplain dikarenakan tim pengembang berpendapat Google Sheet
lebih mudah digunakan untuk orang awam. Tujuan dari proyek tersebut adalah untuk
menghasilkan kode program yang memanfaat Google Sheet pada webhook chatbot berbasis
Dialogflow. Hasil implementasi membuktikan bahwa Google Sheet dapat digunakan sebagai
tempat penyimpanan data komplain dari chatbot, akan tetapi memiliki beberapa hal yang perlu
diperhatikan terutama pada waktu respon time webhook. Webhook yang dibuat menggunakan
library Google Sheet API memiliki respon time antara 3-4 detik. Hal ini dapat mempengaruhi
keberhasilan pemberian respon chatbot.
Collections
- Informatics Engineering [2188]