Evaluasi Kekuatan Tekan Struktur Rangka Atap Baja Kelangsingan Tinggi Dengan Plat Buhul Dan Variasi Baut Tunggal Menggunakan Metode Analisis Langsung Yang Terverifikasi Pengujian Laboratorium Terhadap Hasil Analisis Menggunakan Metode Panjang Efektif (Evaluation Of Compressive Strength Value Of High Slability Steel Roof Frame Structure With Single Bolts And Plate Variation Using Direct Analysis Method Verified By Laboratory Experiment Towards Analysis Result Using Effective Length Method)
Abstract
Terbitnya SNI terbaru yaitu SNI 1729:2020 yang di dalamnya tercantum metode
analisis baru yang bernama Direct Analysis Method (DAM), menggantikan peran
metode analisis sebelumnya pada SNI 1729:2002 yaitu metode Effective Length
Method (ELM). Terdapat beberapa perbedaan pada metode DAM yang perlu
memperhitungkan efek cacat bawaan dan pengaruh orde kedua terhadap
analisisnya, berbeda dengan metode sebelumnya yang memperhitungkan nilai
KL/r dengan nilai K = 1. Hal tersebut menjadi acuan dalam penelitian ini untuk
menguji seberapa besar tingkat akurasi metode DAM terhadap hasil pengujian
tekan rangka atap profil hollow square section 15x30x1,6 mm kelangsingan
tinggi di laboratorium. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat akurasi
dari metode DAM dan metode ELM terhadap hasil pengujian di laboratorium.
Penelitian ini menggunakan struktur rangka atap baja dengan plat sambung
tunggal dan jumlah baut sambungan sebanyak 1 buah. Penelitian ini menghasilkan
nilai error pada metode DAM sebesar 15,410% dan pada metode ELM sebesar
58,293%. Maka kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini bahwa metode
DAM terbilang lebih akurat dalam memprediksi nilai kapasitas tekan rangka atap
baja dengan kelangsingan tinggi dibandingkan metode ELM.
Collections
- Civil Engineering [4258]