Show simple item record

dc.contributor.authorHASAN MAWALI
dc.date.accessioned2023-03-27T02:37:23Z
dc.date.available2023-03-27T02:37:23Z
dc.date.issued2023-02-14
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/42923
dc.description.abstractPembelajaran Daring merupakan sebuah inovasi pendidikan yang melibatkan unsur teknologi informasi dalam pembelajaran, Penggunaan teknologi dalam dunia pendidikan telah menjadi isu yang sagat penting dan sering dibicarakan dalam berbagai kegiatan pembelajaran serta pembelajaran yang akan diajarkan merujuk pada situasi dan kondisi yang terjadi di sekolah, model pembelajaran yang terbaik adalah yang paling sesuai dengan karakteristik peserta didik, tujuan, materi ajar, alat/media, waktu yang tersedia, situasi dan kondisi. Pembelajaran Daring merupakan pembelajaran yang memanfaatkan teknologi multimedia, video, kelas virtual, teks online animasi, pesan suara, email, telepon konferensi, dan video steraming online Pembelajaran dapat dilakukan secara masif dengan jumlah peserta yang tidak terbatas, bisa dilakukan secara gratis maupun berbayar. Dengan alasan tersebut maka penting bagi para peneliti dalam dunia pendidikan untuk mengkaji secara mendalam tentang efektivitas pembelajaran Daring terhadap pemahaman siswa dan tujuan pembelajaran di MTs Al-Hidayah Cibodas. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan memberikan gambaran secara objektif bagaimana motivasi belajar mahasiswa pada pembelajaran daring selama masa Pandemik Covid-19, sehingga hal ini menjadi bahan evaluasi dalam menciptakan pembelajaran daring yang efektif ditengah Pandemik covid-19, selain itu penelitian ini juga dapat menjadi bahan kajian peneliti lain terkait motivasi mahasiswa pada pembelajaran daring selama masa Pandemik Covid-19. Dalam hasil penelitian ini tentang seberapa efektif pembelajaran daring terhadap pemahaman siswa dan tujuan pembelajaran adalah untuk pembelajaran Daring yang dilaksanakan di MTs Al-Hidayah berjalan baik dan lancar,dan untuk pemahaman siswa dalam proses pembelajaran sudah baik walaupun ada beberapa kendala seperti masih ada siswa yang tidak memiliki handphone, keterbatasan kuota internet untuk mengakses whatsapp, serta orang tua yang bekerja sehingga tidak bisa membimbing anaknya dalam pembelajaran daring,dan terakhir untuk tujuan pembelajaran selama Daring ini berdampak bagi siswa yaitu kurangnya interaksi sesama teman yang menyebabkan hilangnya rasa percaya diri, selanjutnya dampak yang dialami guru ialah sulitnya menyampaikan materi sehingga kualitas anak menurun dan memakan biaya tambahan untuk pembelian kuota dan dampak yang dirasakan orang tua ialah harus paham teknologi dan harus memiliki waktu penuh untuk membimbing anak dirumah.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.titleEfektivitas Pembelajaran Daring Terhadap Pemahaman Siswa Dan Tujuan Pembelajaran Di Mts Al-Hidayah Cibodas Kabupaten Cilacapen_US
dc.Identifier.NIM18913070


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record