Show simple item record

dc.contributor.authorSurbakti, Dina Sari
dc.contributor.authorHandoko, Jarwa Prasetya Sih
dc.date.accessioned2023-03-25T07:21:34Z
dc.date.available2023-03-25T07:21:34Z
dc.date.issued2019-01-31
dc.identifier.isbn978-602-450-389-5
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/42910
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan pendekatan regionalisme abstrak pada rancangan bangunan pendidikan FRC: Gedung SD dan Gedung SMP di Kulon Progo. Regionalisme abstrak merupakan bagian dari regionalisme modern yang diharapkan dapat menjawab permasalahan nilai kedaerahan pada bangunan di zaman modern ini. Regionalisme abstrak memiliki tiga aspek penting dalam perancangan yaitu iklim, pola kultural, dan iconografis. Bangunan pendidikan merupakan bangunan yang salah satu fungsinya sebagai alat transformasi kebudayaan, sehingga studi kasus yang diambil adalah bangunan pendidikan FRC: Gedung SD dan Gedung SMP di Kulon Progo. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana penerapan pendekatan regionalisme abstrak pada rancagan bangunan pendidikan FRC: Gedung SD dan Gedung SMP di Kulon Progo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Metode evaluasi didasarkan pada landasan teori kemudian diuji dengan studi kasus yang dipilih. Hasil evaluasi rancangan bangunan FRC: Gedung SD dan Gedung SMP adalah belum memenuhi semua parameter pedekatan Regionalisme Abstrak. Parameter regionalisme abstrak yang diterapkan adalah pada aspek iklim dan iconografis. Aspek iklim diterapkan pada orientasi bangunan, rancangan atap, bukaan silang, dan warna dinding. Aspek iconografis diterapkan dengan cara penggunaan pola batik Geblek Renteng pada fasad bangunan, serta menyediakan fasilitas untuk mempelajari kesenian daerah Kulon Progo.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.relation.ispartofseriesSakapari 3;
dc.subjectRegionalisme abstraken_US
dc.subjectiklimen_US
dc.subjectpola kulturalen_US
dc.subjecticonografisen_US
dc.titleREGIONALISME ABSTRAK DALAM ARSITEKTUR (Penerapan Regionalisme Abstrak pada Bangunan Pendidikan Studi Kasus Field Research Center Kulon Progo: Gedung Sekolah Dasar dan Gedung Sekolah Menengah Pertama)en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record