FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI NIAT UNTUK BERDONASI MENGGUNAKAN MOBILE APPS
Abstract
Saat ini, masyarakat sering memanfaatkan teknologi dalam setiap aktivitasnya
sehingga banyak aktivitas yang sekarang dapat dilakukan hanya dengan
menggunakan smatphone, salah satu contohnya yaitu berdonasi. Bahkan, saat ini
terdapat banyak platform yang menyediakan layanan donasi secara online. Maka
dari itu, penelitian ini disusun dengan tujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang
memengaruhi niat untuk berdonasi dengan menggunakan mobile apps. Dalam
praktiknya, penelitian ini dilakukan dengan mengadopsi teori Technological
Acceptance Model (TAM) dan Diffusion of Innovation (DOI). TAM merupakan
sebuah teori yang digunakan untuk mengetahui dan memprediksi perilaku individu
terhadap penerimaan suatu teknologi. Lain halnya dengan teori DOI yang dapat
digunakan untuk mengetahui bagaimana sebuah teori dapat berkembang dalam
lingkup individu maupun sosial. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian
ini yaitu purposive sampling dan convenience sampling, dengan kriteria merupakan
seorang Muslim di Indonesia yang beurmur 17 hingga 60 tahun dan sudah pernah
melakukan donasi online menggunakan mobile apps dengan menggunakan metode
kuantitatif dengan memanfaatkan SmartPLS 3.0. Berdasarkan kriteria tersebut
didapatkan 202 responden. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa relative
advantage dan compatibility masing-masing tidak memiliki pengaruh yang
signifikan terhadap perceived usefulness tetapi berpengaruh signifikan terhadap
perceived ease of use. Selain itu, complexity berpengaruh signifikan terhadap
perceived usefulness dan perceived ease of use. Lain halnya dengan observability
yang tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perceived usefulness
maupun perceived ease of use. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa
perceived ease of use berpengaruh signifikan terhadap perceived usefulness dan
perceived usefulness serta perceived ease of use berpengaruh signifikan terhadap
behavioral intention.
Collections
- Akuntansi [4426]