Hubungan Antara Prokrastinasi Akademik Dengan Adversity Quotient Pada Pembelajaran Kimia Di Man 2 Kebumen
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan yang
signifikan antara prokrastinasi akademik dengan adversity quotient pada
pembelajaran kimia di MAN 2 Kebumen. Jenis penelitian ini adalah penelitian
korelasi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa MAN 2 Kebumen.
Sampel penelitian ini yaitu kelas XI MIPA di MAN 2 Kebumen yang berjumlah 5
kelas, dengan teknik pengambilan sampelnya yaitu dengan purposive sampling.
Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non tes dalam bentuk angket
tertutup. Teknik analisis yang dilakukan yaitu dengan uji hipotesis berdasarkan
hasil uji prasyarat yang diperoleh yaitu menggunakan analisis statistika non-
parametrik dengan uji spearman. Hasil penilitian yang diperoleh bahwa terdapat
hubungan yang signifikan antara prokrastinasi akademik dan adversity quotient
pada pembelajaran kimia di MAN 2 Kebumen dengan nilai signifikansi sebesar
0,001 dan nilai korelasinya -0,614.
Collections
- Chemistry Education [324]