Pengembangan Aplikasi Angkut Sampah Dengan Menggunakan Metode Prototyping
Abstract
Sampah merupakan sesuatu hal yang menjadi masalah sosial, di mana volume sampah
secara terus-menerus meningkat dan diikuti dengan meningkatnya populasi penduduk serta
keterbatasan lahan, sarana, dan prasarana yang terjadi di sejumlah wilayah Indonesia, seperti
daerah Yogyakarta yang termasuk penyumbang sampah terbesar. Masyarakat sering kali
membuang sampah di tempat umum, seperti sungai, aliran irigasi, dan danau. Transportasi
sampah sebagai proses dalam pengangkutan sampah, masih terbatas dari sisi armada dinas
pengelola sampah. Pengangkutan sampah tidak dapat hanya dibatasi pada armada dari
pemerintah daerah, melainkan dapat memanfaatkan keberadaan armada dari pengepul sampah.
Dalam pengangkutan sampah pada masyarakat sering terjadi keterlambatan pengambilan
akibat jadwal pengambilan yang akan diangkut tergolong tidak teratur setiap minggunya dan
adanya pengabaian dalam pengangkutan sampah pada hari pengangkutan. Penelitian ini
dilakukan untuk memberikan solusi alternatif kepada masyarakat untuk mengurangi
penumpukan dan pembuangan sampah dengan baik melalui aplikasi angkut sampah (Bersih
Kotaku) sebagai platform digital yang menawarkan jasa angkut sampah yang dilakukan
pengepul sampah berdasarkan titik lokasi pengangkutan dari masyarakat. Sistem ini
dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman Java dengan metode pengembangan
prototyping. Penggunaan dari metode ini tidak hanya rancangan desain dari prototype saja,
tetapi menghasilkan sebuah sistem yang sudah di-develop dengan luaran berupa aplikasi yang
nyata dan siap untuk digunakan oleh pengguna. Aplikasi angkut sampah dikembangkan dalam
dua aplikasi berdasarkan jenis penggunanya, yaitu masyarakat dan pengepul sampah. Aplikasi
ini dibangun bertujuan dapat menjadi salah satu start-up yang mampu bertahan di tengah
masyarakat. Start-up aplikasi angkut sampah akan memperoleh pendapatan melalui pengepul
sampah yang melakukan sewa terhadap aplikasi admin. Aplikasi angkut sampah telah
dilakukan pengujian melalui metode blackbox dengan seluruh skenario pengujian dan hasil
pengujian pada aplikasi tersebut berjalan dengan baik tanpa ada kesalahan kode program pada
sistem.
Collections
- Informatics Engineering [2170]