Show simple item record

dc.contributor.authorATIKA TSAMARA
dc.date.accessioned2023-03-15T02:42:50Z
dc.date.available2023-03-15T02:42:50Z
dc.date.issued2023-01-06
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/42748
dc.description.abstractPelajaran matematika kerap menjadi mata pelajaran yang dihindari oleh siswa Sekolah Dasar (SD). Dampak pandemi Covid-19 juga membawa pengaruh terhadap kemampuan siswa SD dalam memahami matematika. Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mendorong beberapa sekolah untuk mengubah proses pembelajaran yang semula tatap muka, menjadi pembelajaran jarak jauh atau daring. Hal ini mempengaruhi motivasi siswa SD untuk memahami pelajaran matematika dari rumah, karena biasanya siswa SD hanya mengulang materi di saat ada instruksi dari guru. Oleh karena itu, peneliti memberikan sebuah solusi aplikasi yang dapat membantu mengatasi permasalahan dan keresahan para calon pengguna, yaitu siswa SD. Saat merancang aplikasi ini, peneliti menggunakan metode Design Thinking yang mengutamakan penggunanya sehingga proses merancang solusi desain aplikasi bagi siswa SD untuk belajar matematika dari rumah ini dapat dibuat sesuai dengan kebutuhan mereka. Untuk mengukur tingkat usability atau kegunaan dan keberhasilan rancangan aplikasi ini, peneliti juga melakukan pengujian dengan menggunakan dua metode, yaitu Usability Testing (UT) dan System Usability Scale (SUS). Dalam pengujian UT, peneliti menerima data nilai efektivitas completion rate dengan persentase 90% dan error rate dengan presentase 10%. Sedangkan untuk nilai efisiensi, desain aplikasi belajar matematika dari rumah ini memiliki beberapa nilai Overall Relatives Efficiency (ORE) yang rendah sehingga diperlukan perbaikan pada bagian tersebut. Pada pengujian terakhir, diperoleh skor rata-rata SUS senilai 74,92, hal ini menunjukkan bahwa kegunaan dan kepuasan pengguna dalam menggunakan aplikasi belajar matematika dari rumah ini dianggap baik karena berhasil melampaui level SUS rata- rata 68.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.titlePerancangan Aplikasi Belajar Matematika Dari Rumah Untuk Sekolah Dasar Menggunakan Pendekatan Design Thinkingen_US
dc.Identifier.NIM18523197


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record