Analisis Perilaku Pembelian Konsumen Menggunakan Metode Association Rule - Market Basket Analysis Dan Clustering Analysis (Studi Kasus: Jore Coffee & Eatery)
Abstract
Konsumsi kopi yang semakin meningkat setiap tahunnya membuat maraknya coffee shop semakin
berkembang pesat di Indonesia. Salah satunya di kota Yogyakarta yang memiliki perkembangan
coffee shop paling pesat dalam 10 tahun terakhir, hingga saat ini tercatat sekitar 3.000 coffee shop
yang tersebar di seluruh wilayah DIY. Banyaknya coffee shop membuat para pemiliki melakukan
strategi yang tepat untuk meningkatkan penjualan serta memenuhi target dari penjualan. Seperti di
Jore Coffee & Eatery yang memiliki permasalahan pada target penjualan yang belum tercapai
sehingga perlu adanya perbaikan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pola perilaku
pembelian konsumen untuk meningkatkan penjualan dan memenuhi target penjualan. Metode yang
digunakan pada penelitian ini adalah Association Rule - Market Basket Analysis algoritma FPGrowth
dan Clustering Analysis algoritma K-Means dengan data historis transaksi pembelian.
Berdasarkan hasil pengolahan data, Pada Clustering dengan bantuan software SPSS didaptkan tiga
cluster yang terbentuk yaitu, Cluster Loyal Customers dengan jumlah 1247 data, Cluster Big
Customers dengan jumlah 3 data, dan Cluster Impulsive Customers sebanyak 356 data. Pada ARMBA
dengan
bantuan
software
Rapid
Miner
menggunakan
Data
hasil
Cluster
1
karena
memiliki
nilai
yang tertinggi yaitu sebanyak 1247 data. Menggunakan nilai minimum support 4% dan
minimum confidence 40% menghasilkan rule sebanyak 9 dengan rule yang valid sebanyak 8 rule
yang dapat digunakan sebagai hasil rekomendasi.
Collections
- Industrial Engineering [2240]