Show simple item record

dc.contributor.authorANISA ANSANI
dc.date.accessioned2023-03-14T06:15:29Z
dc.date.available2023-03-14T06:15:29Z
dc.date.issued2022-11-25
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/42732
dc.description.abstractPasar tradsional merupakan tempat interaksi antara permintaan (pembeli) dan penjual dari suatu barang/jasa tertentu dengan transaksi yang dilakukan secara tawar menawar. Perkembangan pasar tradisional yang menurun disebabkan oleh perkembangan pasar modern yang semakin banyak menyebabkan menurunnya transaksi yang terjadi di pasar tradisional. Faktor yang membuat konsumen enggan untuk belanja di pasar tradisional adalah kondisi pasar yang tidak nyaman, salah satunya yang terjadi pada Pasar Rejodani yang memiliki kondisi penataan tata letak kios yang berantakan tidak berdasarkan kategori produk sehingga menyebabkan memakan waktu yang cukup lama saat konsumen berbelanja dan kebingungan saat ingin mencari produk yang dibutuhkan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi tata letak Pasar Redojani berdasarkan pola perilaku pembelian konsumen. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan Association Rules – Market Basket Analysis algoritma FP-Growth menggunakan data kuesioner Market Basket dan Activity Relationship Chart (ARC). Hasil pada penelitian ini adalah terdapat asosiasi dengan nilai minimum support sebesar 0,4 dan nilai minimum confidence sebesar 0,7 yang memiliki hasil asosiasi total sebanyak 68 Rules, dengan total rules valid sebanyak 17 rules. Dari rules tersebut menjadi acuan untuk usulan perbaikan tata letak Pasar Rejodani berdasarkan pola perilaku konsumen menggunakan derajat kedekatan menggunakan Acitivity Relationship Chat (ARC). Usulan perbaikan dengan memetakan hubungan asosiasi dari produk yang dibeli oleh pengunjung menghasilkan tata letak dengan kedekatan antar kios sayuran dengan bumbu dan rempah, kemudian ikan dengan daging, umbi-umbian dengan tempe, tahu, telur, makanan kering dengan masakan olahan, sayuran dengan daging, dan daging dengan rempah dan bumbu.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.titleAnalisis Tata Letak Pasar Tradisional Berdasarkan Pola Perilaku Pembelian Dengan Metode Association Rules – Market Basket Analysis (Ar-Mba) (Studi Kasus: Pasar Rejodani Sleman)en_US
dc.Identifier.NIM18522198


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record