Analisis Strategi Diplomasi Publik Yang Dilakukan Jepang Di Indonesia Dalam Bidang Kebudayaan Dan Pendidikan Pada Tahun 2017 – 2020.
Abstract
Diplomasi publik merupakan salah satu upaya yang dilakukan negara Jepang, untuk
membangun Networking maupun Branding dan mempererat hubungan kerjasama
dengan negara lain, salah satunya dengan Indonesia. Dalam melaksanakan upaya
diplomasi publiknya di Indonesia, Jepang mencoba untuk berfokus pada berbagai
macam bidang, yaitu, bidang kebudayaan, dan juga pendidikan. Diplomasi publik
dalam bidang kebudayaan dan pendidikan dianggap sebagai strategi yang
memudahkan negara Jepang untuk membentuk opini publik sesuai dengan tujuan
yang diinginkan, membuat strategi tersebut mudah dan efektif untuk menarik
perhatian publik atau masyarakat di Indonesia. Penelitian ini, bertujuan untuk
membahas mengenai strategi yang dilakukan Jepang dalam melaksanakan program
diplomasi publiknya di bidang kebudayaan dan juga pendidikan pada tahun 2017 –
2020 di Indonesia, dianalisis menggunakan tiga macam indikator diplomasi publik
menurut Jan Melissen yaitu, Diplomasi publik berjalan melalui jejaring (tidak
menggunakan sistem hirarki pemerintah), Diplomasi publik ditujukan kepada
publik asing, bukan sebagai sosialisasi strategi diplomasi ke domestik, dan
Diplomasi publik digunakan untuk menyampaikan aspek positif negara ke publik /
masyarakat asing.
Collections
- International Relations [504]