Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Untuk Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing Tingkat Pemula
Abstract
Dengan berkembangnya teknologi, banyak hal yang dapat dilakukan untuk mendukung
pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing atau BIPA, termasuk media pembelajaran
interaktif. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan media pembelajaran
interaktif berbasis web BIPA tingkat pemula, mengetahui unjuk kerja dari “Game BIPA”, dan
mengetahui kelayakan dari “Game BIPA”. Penelitan ini menggunakan pendekatan Research
and Developent (R&D) yang mengadaptasi model ADDIE yang meliputi 1) Analysis, 2)
Design, 3) Development, 4) Implementation, 5) Evaluation. Teknik pengumpulan data yang
dilakukan adalah melalui wawancara dan angket. Subjek dari penelitian ini adalah 11
mahasiswa asing yang berkuliah di universitas di Bandung, Yogyakarta, dan Surakarta.
Berdasarkan prosedur pengujian produk yang dilakukan diperoleh hasil: 1) perancangan
“Game BIPA” telah melalui beberapa proses pengembangan media pembelajaran interaktif
dengan menggunakan model ADDIE, 2) hasil validasi produk oleh dosen ahli materi dan dosen
ahli media diperoleh nilai aspek pembelajaran sebesar 84.44% (sangat baik), pengujian aspek
kebenaran isi sebesar 86.67% (sangat baik), pengujian aspek tampilan sebesar 66% (baik),
pengujian aspek pemrograman sebesar 65.71% (baik), 3) dari hasil pengujian terhadap
responden didapat bahwa aplikasi media pembelajaran “Game BIPA” termasuk dalam grade
yang dikategorikan excellent dengan skor 85.23 dalam pengujian usability (efektivitas,
efisiensi, dan kepuasan).
Collections
- Informatics Engineering [2162]