Perancangan Ui/Ux Aplikasi Basis Data Sekar Kawung Dengan Metode Design Thinking
Abstract
Geekgarden Software House merupakan salah satu perusahaan IT yang menyediakan
layanan perancangan, pengembangan, dan manajemen untuk aplikasi dan sistem. Salah satu
projek dari Geekgarden yaitu membuat aplikasi Basis Data Sekar Kawung untuk klien
Yayasan Sosisal Sekar Kawung, aplikasi tersebut bertujuan untuk membantu pegawai Sekar
Kawung dalam menjalankan pekerjaannya khususnya pegawai yang bekerja di sektor
lapangan. Aplikasi ini membatu pegawai Sekar Kawung yang berada di lapangan untuk
memasukan data hasil pekerjaannya seperti menginput data lahan, data budaya, dan data
biodiversitas. Data yang sudah dimasukkan nantinya akan dikirimkan ke pegawai Sekar
Kawung yang berada di kantor.
Untuk membuat aplikasi dibutuhkan perancangan UI/UX desain, dalam merancang UI/UX
penulis menggunakan metode Design Thinking karena dalam proses tahapannya selalu
melibatkan calon pengguna. Design Thinking memiliki 5 tahapan, tahapan pertama yaitu
emphatize dimana dilakukan pengumpulan informasi terkait kebutuhan pengguna. Selanjutnya
yaitu tahap define dimana penulis melakukan indentifikasi kebutuhan calon pengguna. Tahap ketiga
yaitu ideate dimana dalam tahap ini dilakukannya proses pengolahan kebutuhan pengguna dengan
cara brainstorming. Pada tahap keempat yaitu prototype dimana penulis membuat purwarupa
desain. Pada tahap terakhir yaitu test dimana dilakukanya pengujian purwarupa desain. Hasil
dari perancangan ini berupa desain purwarupa aplikasi mobile Basis Data Sekar Kawung.
Dalam pelaksanaanya setiap solusi tidak langsung disetujui oleh projek manager. Sehingga
setiap prosesnya dilakukan beberapa revisi untuk menemukan solusi agar terciptanya desain
antar muka yang dapat memudahkan calon pengguna.
Collections
- Informatics Engineering [2177]