dc.description.abstract | Indeks kepercayaan konsumen memiliki pengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi
suatu daerah maupun pada suatu negara. Indeks kepercayaan konsumen memiliki arti
yang sangat penting dalam menentukan atau sebagai cerminan suatu perekonomian
akan semakin membaik atau memburuk Penelitian ini memiliki tujuan untuk
menganalisis bahwa Inflasi, Kurs, JUB, dan Pandemi Covid-19 memiliki pengaruh
terhadap Indeks Kepercayaan Konsumen di Indonesia pada tahun 2019 – 2022.
Metode dalam pengujian data yang di analisis oleh penulis dengan menggunakan
metode Error Correction Model (ECM) , yaitu berupa data time series, dengan
menggunakan data bulanan dari bulan Januari tahun 2019 hingga bulan desember
tahun 2021. Hasil dari penelitian dalam jangka panjang inflasi memiliki pengaruh
yang signifikan dan berhubungan positif terhadap indeks kepercayaan konsumen.
Hasil dari penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa nilai tukar tidak
signifikan dalam jangka panjang maupun jangka pendek sedangkan hasil dari
penelitian Jumlah Uang Beredar dan Pandemi Covid -19 adalah signifikan terhadap
indeks kepercayaan konsumen, sehingga hasilnya adalah Jumlah Uang Beredar dan
Pandemi Covid -19 memengaruhi indeks kepercayaan konsumen dalam jangka
pendek maupun dalam jangka panjang. | en_US |