Show simple item record

dc.contributor.advisorSunaryo, Ir.,M.P Rudy Firman Prakosa, S.T.,M.Sc
dc.contributor.authorFebriansah
dc.date.accessioned2017-11-14T07:06:26Z
dc.date.available2017-11-14T07:06:26Z
dc.date.issued2017-03-10
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/4251
dc.description.abstractPerkembangan bisnis yang semakin pesat menimbulkan persaingan. Perlu dirancang strategi untuk tetap mempertahankan persaingan bisnis. Zona Sehari Laundry dan Cuci Karpet Express merupakan industri jasa yang sedang berkembang dan akan melebarkan usahanya. Oleh karena itu, perlu diketahui segmentasi pasar yang jelas untuk menetapkan strategi yang baik. Customer Relationship Management adalah salah satu pendekatan yang digunakan untuk melakukan resegmentasi pasar pada Zona Sehari Laundry dan Cuci Karpet Express. Perhitungan clustering digunakan untuk mengelompokkan segmentasi pasar yang ada. Dari hasil penelitian didapati bahwa atribut yang berpengaruh adalah atribut produk dengan variabel variasi layanan laundry, jenis parfum bervariasi, kemasan packingan, jumlah akhir laundry sesuai, kebersihan dan kerapian. Atribut pelayanan terdiri dari variabel fasilitas layanan antar jemput, pegawai ramah dan waktu penyelesaian tepat. Atribut harga terdiri atas ariabel harga produk dan diskon produk. Atribut tempat terdiri dari variabel lokasi outlet dan lahan parkir. Atribut promosi terdiri dari variabel voucher, papan nama laundry dan brosur. Karakteristik konsumen yang dominan terdapat pada cluster 2 dengan 23 responden yaitu paket cuci karpet 3 hari, paket cuci 2 hari, paket cuci 1 hari, paket setrika, paket cuci express 6 jam dan paket cuci karpet. Strategi yang dapat dilakukan Zona Sehari Laundry dan Cuci Karpet Express untuk atribut produk pelayanan melakukan service excellent, atribut harga dapat melakukan variasi harga, atribut tempat disediakan lahan parkir yang luas dan atribut promosi dapat membuat brosur yang menarik.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectStrategien_US
dc.subjectSegmentasi Pasaren_US
dc.subjectCustomer Relationship Managementen_US
dc.subjectClusteringen_US
dc.titleAnalisis Re Segmentasi Pasar Melalui Pendekatan Customer Relationship Management (Studi Kasus Pada Zona Sehari Laundry Dan Cuci Karpet Express Pontianak)en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record