Show simple item record

dc.contributor.authorARFIANDI WIJATMIKO
dc.date.accessioned2023-02-10T06:55:54Z
dc.date.available2023-02-10T06:55:54Z
dc.date.issued2023-01-17
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/42491
dc.description.abstractOutbound merupakan metode pembelajaran melalui experiental learning yang berarti proses belajar melalui pengalaman. Bentuk kegiatannya berupa permainan-permainan ringan yang dapat meningkatkan kecerdasan, kelincahan ataupun strategi bagi para pemainnya. Virtual Reality (VR) merupakan teknologi komputer yang memungkinkan pengguna dapat berinteraksi sekaligus merasa berada di dalam lingkungan dunia maya didalamnya. Minimnya pengetahuan antara guru dan murid membuat Virtual Reality hanya terlihat sebagai alat bermain saja, sebenarnya Virtual Reality dapat digunakan sebagai media edukasi yang dapat mengkombinasikan antara kegiatan bermain dan belajar. Edubound merupakan gim edukasi yang dapat membantu meningkatkan kemampuan kognitif siswa sekolah dasar dengan rentang usia 10 hingga 12 tahun melalui permainan- permainan yang ada di dalam Virtual Reality. Dalam pengembangan gim edukasi ini penulis menggunakan metode Scrum karena dapat menghasilkan produk dengan nilai kualitas yang tinggi karena produk akan selalu mengikuti keinginan pengguna. Pengembangan gim edukasi berbasis Virtual Reality telah berhasil dikembangkan dengan menggunakan metode Scrum. Secara teknis, aplikasi Edubound dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman C# melalui mesin gim Unity, didesain melalui Blender dan dimainkan melalui VR Oculus Quest 2. Pada penelitian ini waktu yang dibutuhkan penulis dan tim dari awal planning hingga purwarupa gim berhasil dijalankan adalah sekitar 2 bulan dan tidak membuang waktu yang cukup banyak. Pengujian Blackbox dan Pengujian pengguna berhasil dilakukan, hasil akhir dari pengujian pengguna dengan sampel 5 siswa sekolah dasar menyatakan bahwa edubound layak untuk dimainkan mereka yaitu siswa Kelas 4 dan 5 sekolah dasar yang kurang lebih berusia 10 hingga 12 tahun.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.titlePengembangan Game Edukasi Berbasis Virtual Reality Dengan Unity Menggunakan Metode Scrumen_US
dc.Identifier.NIM18523282


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record