dc.description.abstract | Teknologi informasi saat ini sudah sangat berkembang, perkembangan teknologi ini
dapat digunakan dalam berbagai bidang salah satunya yaitu pada bidang pendidikan mengenai
penilaian hasil belajar siswa sehingga dapat memberikan layanan yang optimal kepada guru,
siswa, dan orang tua siswa. Proses tersebut memerlukan waktu yang cukup lama
mengakibatkan keterlambatan dalam penilaian hasil belajar siswa. selain itu, sistem penilaian
menggunakan aplikasi Microsoft Office belum bisa memonitoring progres penginputan nilai.
Masalah serupa juga disampaikan oleh Kepala Sekolah TK Aisyiyah Bustanul Athfal yang
merupakan salah satu instansi pendidikan swasta di Desa Dayo Kecamatan Tandun Kabupaten
Rokan Hulu Provinsi Riau bahwa belum ada sistem yang dikembangkan khusus untuk
penilaian hasil belajar siswa. Berdasarkan permasalahan yang telah diuraikan maka perlu untuk
mengembangkan sebuah sistem yang dapat membantu guru untuk melakukan penilaian hasil
belajar siswa. Metodologi yang digunakan untuk mengembangkan sistem pada penelitian ini
adalah dengan metodologi Waterfall. Proses pengumpulan data dilakukan dengan wawancara
dan observasi untuk mengumpulkan kebutuhan analisis rancangan sistem. Fitur-fitur pada
sistem ini adalah melihat dashboard, melihat dan mengedit profil, mengelola aspek, mengelola
nilai siswa, dan melihat nilai. Pada penelitian ini menggunakan dua metode pengujian yaitu
black box dan system usability scale (SUS). Berdasarkan pengujian black box didapatkan nilai
persentase sebesar 100% dapat menjalankan semua fungsional dengan baik sedangkan
berdasarkan hasil pengujian terhadap guru setelah diimplementasikan, sistem informasi
manajemen penilaian hasil belajar siswa untuk TK Aisyiyah Bustanul Athfal mendapatkan nilai
persentase sebesar 85% yang artinya mendapatkan grade B pada pengujian system usability
scale (SUS). | en_US |