Show simple item record

dc.contributor.advisorDra. Sri Haningsih,, M.Ag
dc.contributor.authorFAIZ MUZAKKY
dc.date.accessioned2023-02-09T06:37:03Z
dc.date.available2023-02-09T06:37:03Z
dc.date.issued2023-01-10
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/42467
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi dengan pentingnya penerapan suatu metode yang efektif dan efisien dalam belajar mengajar membaca Al-Qur’an pada anak usia dini. Dalam skripsi ini ada dua permasalahan yang dikaji yaitu: (1) Bagaimana strategi guru dalam upaya meningkatkan kualitas bacaan Al Qur’an siswa di SD Tahfidzul Qur’an Ad-Diin kabupaten Kebumen. (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat guru dalam mengimplementasikan strategi pembelajaran kepada siswa SD Tahfidzul Qur’an Ad-Diin kabupaten Kebumen. Adapun tujuan ini adalah untuk mengetahui strategi guru tahfidz dalam penerapan Metode Yanbu’a untuk meningkatkan kualitas bacaan Al- Qur’an di SD Tahfidzul Qur’an Ad-Diin kabupaten Kebumen dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru dalam mengimplementasikan strategi pembelajaran kepada siswa SD Tahfidzul Qur’an Ad-Diin kabupaten Kebumen. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) yang menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi, dengan informan dari penelitian ini adalah kepala sekolah, guru tahfidz dan peserta didik SD Tahfidzul Qur’an Ad-Diin. Teknik keabsahan menggunakan triangulasi dan analisis data yang dilakukan dengan model milik Miles & Huberman reduksi,penyajian data dan menyimpulkan. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan Metode Yanbu’a dengan dua latar belakang peserta didik berbeda dalam satu kelas di SD Tahfidzul Qur’an Ad-Diin kabupaten Kebumen. Berdasrkan latar belakang dan hasil pembahasan, maka dapat disimpulkan sebagai berikut: 1.Strategi yang digunakan guru dalam penerapan metode yanbu’a adalah Talaqqi, Sorogan, Klasikal, dan Ummi. 2.Faktor pendukung media yang menarik, penyampaian guru yang menyengkan faktor penghambatnya perbedaan latar belakang siswa, keberagaman sikap siswa.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.titleStrategi Guru Tahfidz Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al Qur’an Melalui Metode Yanbu’a Di Sd Tahfidzul Qur’an Ad-Diin Kecamatan Kuwarasan Kabupaten Kebumenen_US
dc.Identifier.NIM18422137


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record