dc.description.abstract | Penelitian ini dilatarbelakangi dengan pentingnya penerapan suatu
metode yang efektif dan efisien dalam belajar mengajar membaca Al-Qur’an
pada anak usia dini. Dalam skripsi ini ada dua permasalahan yang dikaji yaitu:
(1) Bagaimana strategi guru dalam upaya meningkatkan kualitas bacaan Al
Qur’an siswa di SD Tahfidzul Qur’an Ad-Diin kabupaten Kebumen. (2) Apa
saja faktor pendukung dan penghambat guru dalam mengimplementasikan
strategi pembelajaran kepada siswa SD Tahfidzul Qur’an Ad-Diin kabupaten
Kebumen. Adapun tujuan ini adalah untuk mengetahui strategi guru tahfidz
dalam penerapan Metode Yanbu’a untuk meningkatkan kualitas bacaan Al-
Qur’an di SD Tahfidzul Qur’an Ad-Diin kabupaten Kebumen dan untuk
mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru dalam
mengimplementasikan strategi pembelajaran kepada siswa SD Tahfidzul
Qur’an Ad-Diin kabupaten Kebumen.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis
penelitian lapangan (field research) yang menggunakan metode deskriptif
kualitatif. Teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi,
dengan informan dari penelitian ini adalah kepala sekolah, guru tahfidz dan
peserta didik SD Tahfidzul Qur’an Ad-Diin. Teknik keabsahan menggunakan
triangulasi dan analisis data yang dilakukan dengan model milik Miles &
Huberman reduksi,penyajian data dan menyimpulkan.
Hasil dari penelitian ini adalah penerapan Metode Yanbu’a dengan dua
latar belakang peserta didik berbeda dalam satu kelas di SD Tahfidzul Qur’an
Ad-Diin kabupaten Kebumen. Berdasrkan latar belakang dan hasil
pembahasan, maka dapat disimpulkan sebagai berikut: 1.Strategi yang
digunakan guru dalam penerapan metode yanbu’a adalah Talaqqi, Sorogan,
Klasikal, dan Ummi. 2.Faktor pendukung media yang menarik, penyampaian
guru yang menyengkan faktor penghambatnya perbedaan latar belakang siswa,
keberagaman sikap siswa. | en_US |