Show simple item record

dc.contributor.authorRADHITYA PRADHANA
dc.date.accessioned2023-02-08T07:12:03Z
dc.date.available2023-02-08T07:12:03Z
dc.date.issued2022-11-30
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/42414
dc.description.abstractMinat pariwisata yang tinggi dari berbagai daerah untuk menunjang perekonomian Kawasan Jawa Tengah – Daerah Istimewa Yogyakarta, Pemerintah pusat mendukung penuh pembangunan infrastruktur jalan tol yang akan menghubungkan wilayah D.I Yogyakarta. Yanwardhana (2022) dari CNBC Indonesia menyampaikan bahwa pelaksanaan proyek pembangunan jalan tol di beberapa tempat di Indonesia menghadapi kendala, seperti Pembangunan tol Semarang - Demak 27 km yang mengalami masalah musnahnya tanah yang membuat daratan yang menjadi trase tol tertutup oleh air laut, dan tol Padang - Sicincin dan tol Serpong - Cinere yang mengalami permasalahan tanah. Penelitian yang dilakukan terkait dengan jalan tol dan kendala-kendala yang timbul pada proyek pembangunan jalan tol mendorong peneliti untuk melakukan penelitian terhadap proyek Pembangunan Jalan Tol Solo – Yogyakarta – NYIA Kulon Progo Paket 1.1 STA 0+000 – 22+300. Pada penelitian kali ini, peneliti melakukan pengembangan variabel penelitian secara internal pada proyek Pembangunan Jalan Tol Solo – Yogyakarta – NYIA Kulon Progo Paket 1.1 STA 0+000 – 22+300 yaitu risiko dari segi teknis. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan analisa kualitatif teknik brainstorming, lalu mengunakan matriks probabilitas dan dampak untuk menentukan level risiko, dan membuat respon risiko beserta action plan nya. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh risiko teknis yang timbul pada Proyek Pembangunan Jalan Tol Solo – Yogyakarta – NYIA Kulon Progo Paket 1.1 adalah Penambahan waktu yang tidak diakomodir dalam Kontrak, Rencana Teknik Akhir (RTA) yang belum selesai, Pembebasan Lahan yang belum selesai, kenaikan harga Bahan Bakar Minyak, supply tanah timbunan tidak memenuhi kapasitas produksi, pemahaman software BIM yang belum optimal, landasan Crane yang tidak stabil, dan perubahan metode pada pekerjaan pembesian Tiang Borpile.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.titleAnalisis Risiko Teknis Pada Proyek Pembangunan Jalan Tol Solo – Yogyakarta – Nyia Kulon Progo Seksi I Paket 1.1: Solo – Klaten Sta 0+000 – 22+300en_US
dc.Identifier.NIM20914018


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record