Show simple item record

dc.contributor.authorINTANIA, 19614048
dc.date.accessioned2023-02-08T05:48:39Z
dc.date.available2023-02-08T05:48:39Z
dc.date.issued2023-01-17
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/42409
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara spiritualitas, kedisiplinan dan kesulitan belajar peserta didik pada mata pelajaran kimia kelas XI SMA Negeri 4 Tasikmalaya. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 5 kelas. Sampel pada penelitian ini sebanyak 103 peserta didik yang terdiri dari kelas XI MIPA 1, XI MIPA 3 dan XI MIPA 4. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling Teknik pengambilan data pada penelitian ini adalah non tes dengan instrumen yang berupa angket melalui Google form. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji linearitas. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji statistika non parametric yaitu uji korelasi spearman. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara spiritualitas dengan kedisiplinan peserta didik pada mata pelajaran kimia kelas XI SMA Negeri 4 Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023, terdapat hubungan yang signifikan antara spiritualitas dengan kesulitan belajar peserta didik pada mata pelajaran kimia kelas XI SMA Negeri 4 Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023, serta terdapat hubungan yang signifikan antara kedisiplinan dan kesulitan belajar peserta didik pada mata pelajaran kimia kelas XI SMA Negeri 4 Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.titleHubungan Spiritualitas Terhadap Kedisiplinan Dan Kesulitan Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas Xi Sman 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record