dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan
antara spiritualitas, kedisiplinan dan kesulitan belajar peserta didik pada mata
pelajaran kimia kelas XI SMA Negeri 4 Tasikmalaya. Populasi pada penelitian ini
adalah peserta didik kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Tasikmalaya tahun ajaran
2022/2023 yang berjumlah 5 kelas. Sampel pada penelitian ini sebanyak 103
peserta didik yang terdiri dari kelas XI MIPA 1, XI MIPA 3 dan XI MIPA 4. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling Teknik
pengambilan data pada penelitian ini adalah non tes dengan instrumen yang berupa
angket melalui Google form. Teknik analisis data dalam penelitian ini
menggunakan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji linearitas. Uji
hipotesis yang digunakan adalah uji statistika non parametric yaitu uji korelasi
spearman. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang
signifikan antara spiritualitas dengan kedisiplinan peserta didik pada mata pelajaran
kimia kelas XI SMA Negeri 4 Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023, terdapat
hubungan yang signifikan antara spiritualitas dengan kesulitan belajar peserta didik
pada mata pelajaran kimia kelas XI SMA Negeri 4 Tasikmalaya tahun ajaran
2022/2023, serta terdapat hubungan yang signifikan antara kedisiplinan dan
kesulitan belajar peserta didik pada mata pelajaran kimia kelas XI SMA Negeri 4
Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023. | en_US |