dc.description.abstract | Peningkatan perkembangan teknologi secara pesat mengakibatkan
meningkatnya kebutuhan jaringan komunikasi dari segala kalangan sehingga
kebutuhan internet begitu dibutuhkan saat ini. Banyaknya jumlah provider
indihome di provinsi Lampung memasok jumlah alat yang tak sedikit, maka untuk
meningkatkan kesempatan menemukan pengelompokkan pemesanan indihome
berdasarkan sektor yang berbeda antara pemesanan provider indihome fiber 3p
dan fiber 2p. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengelompokkan data berbasis
kepadatan pada data sektor wilayah terhadap pelanggan indihome fiber 3p dan
fiber 2p. Maka dilakukan pengujian analisis OPTICS yang merupakan solusi
teknik analisis pengklasteran data bagi peneliti sehingga bisa mengklasterkan data
sektor berbasis kepadatan yang tinggi. Data variabel yang digunakan berupa data
numerik yaitu jumlah pelanggan indihome fiber 3p dan fiber 2p tahun 2020. Uji
asumsi OPTICS mencakup uji multikolinearitas dengan mencari nilai vif, jika
masih terdapat multikolinearitas maka diperlukan pengujian penanganan berupa
reduksi faktor terhadap variabel-variabel yang diteliti menggunakan PCA.
Dihasilkan bahwa komponen 1 mempunyai nilai eigenvalues lebih dari satu,
sehingga komponen yang digunakan pada analisis sebanyak | komponen,
kumulatif varian yang dapat dijelaskan oleh komponen tersebut adalah sebesar
99.77% yang berarti nilainya lebih dari 70% dan dapat menjelaskan data. Pada
DBSCAN kKlaster 1 sebanyak 16 Sektor dan klaster 2 sebanyak 4 Sektor, serta
sisanya sebanyak 6 Sektor sebagai klaster 0 biasa juga dalam penyebutannya yaitu
noise. Pada OPTICS klaster | sebanyak 6 Sektor, klaster 2 sebanyak 3 Sektor,
klaster 3 sebanyak 4 Sektor, klaster 4 sebanyak 3 Sektor, dan sisanya sebanyak 10
Sektor dimana klaster tersebut merupakan noise. Noise merupakan sekumpulan
titik-titik, dalam basis data yang tidak termasuk kedalam klaster manapun. | en_US |