Show simple item record

dc.contributor.authorADAM MUHAMMAD HIMAWAN
dc.date.accessioned2023-02-07T08:26:20Z
dc.date.available2023-02-07T08:26:20Z
dc.date.issued2022-12
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/42359
dc.description.abstractJembatan adalah struktur yang dibuat untuk menghubungkan dua tempat yang terhalang oleh rintangan. Jembatan HKSN yang terletak di Banjarmasin merupakan jembatan yang menggunakan beton prategang tipe PCI-girder. Jembatan HKSN terdiri dari 2 bentang yaitu bentang 40 meter yang menggunakan PCI-girder H-210cm dan bentang 20 meter yang menggunakan PCI-girder H-125cm. Pada Bridge Product PT. Wijaya Karya Beton Tbk., untuk bentang 40 meter terdapat 2 pilihan PCIgirder yang dapat digunakan, yaitu PCI-girder H-210cm dan PCI-girder H-170cm. Diharapkan dengan kajian ini dapat memudahkan pemilihan penggunaan PCI-girder pada bentang 40 meter yang lebih efektif. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan PCI-girder H-210cm dan PCI-girder H170cm dengan variabel jumlah strand, kehilangan prategang, dan kapasitas lentur serta kapasitas geser pada masing-masing PCI-girder. Dari hasil perhitungan didapatkan bahwa jumlah strand yang dibutuhkan oleh PCI-girder H210 lebih hemat 20% dibandingkan PCI-girder H-170. Kehilangan prategang akhir yang terjadi pada PCI-girder H-210 sebesar 13,351% lebih kecil dibandingkan kehilangan prategang pada PCIgirder H-170 sebesar 14,106%. PCI-girder H-210 lebih baik dalam menahan beban lentur dan beban geser dibandingkan PCI-girder H-170 dengan rasio 1,115 dan 1,467.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.titlePerbandingan Penggunaan Pci-Girder H-210 Dan H-170 Pada Bentang 40 Meter Jembatan Hksn (Comparison Of Pci-Girder H-210 And Pcigirder H-170 On 40 Meter Spread Of Hksn Bridge)en_US
dc.Identifier.NIM18511180


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record