dc.description.abstract | Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengkaji hubungan di kontrol diri dan
cyberbullying pada siswa SMP dan SMA di Daerah Istimewa Yogyakarta.
Hipotesis awal penelitian ini adalah terdapat hubungan yang negatif di antara
kontrol diri dengan cyberbullying. Penelitian ini melibatkan 152 responden dengan
latar belakang siswa SMP dan SMP dan SMA di Provinsi Daerah Istimewa
Yogyakarta. Skala yang peneliti gunakan untuk variabel kontrol diri adalah Brief
Self Control Scale (BSCS) oleh Tangney, dkk (2004), sedangkan untuk skala
cyberbullying adalah skala dari Willard (2004). Analisis di dalam penelitian ini
menggunakan teknik korelasi Pearson Product Moment yang menunjukkan hasil
akhir bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara kontrol diri dengan
cyberbullying pada siswa SMP dan SMA di DIY dengan nilai koefisien korelasi r
= -0,558 dengan nilai signifikansi p = 0,000 (p<0.05). Hasil ini menunjukkan bahwa
semakin tinggi kontrol diri yang dimiliki oleh siswa maka akan semakin rendah
kecenderungan untuk melakukan cyberbullying. Hal ini juga berlaku sebaliknya,
semakin rendah kontrol diri yang dimiliki, maka siswa akan memiliki
kecenderungan untuk melakukan cyberbullying yang tinggi. Dengan demikian,
hipotesis di dalam penelitian ini dapat diterima. | en_US |