dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang
memengaruhi niat menggunakan sistem pembayaran menggunakan e-money pada
generasi X dan generasi Z. Data yang diolah dalam penelitian ini merupakan data
primer yang didapatkan dari penyebaran kuesioner melalui Google Form, dan
berhasil mendapatkan responden pengguna e-money sebanyak 203 orang (generasi
X) dan 287 (generasi Z). Penelitian ini menggunakan teori Unified Theory of
Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT2). Analisis data pada penelitian ini
menggunakan metode probability sampling dengan alat analisis yaitu SPSS versi
26.0. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa pada generasi X harapan
kinerja, motivasi hedonis, dan kebiasaan berpengaruh positif terhadap niat
menggunakan e-money. Namun variabel kondisi fasilitas dan pengaruh sosial tidak
berpengaruh terhadap niat menggunakan e-money pada generasi X. Sedangkan pada
generasi Z variabel harapan kinerja, pengaruh sosial, dan motivasi hedonis tidak
berpengaruh terhadap niat menggunakan e-money, namun kondisi fasilitas dan
kebiasaan berpengaruh positif terhadap niat menggunakan e-money. | en_US |