dc.description.abstract | Penelitian ini dilatarbelakangi dari interaksi sosial antara individu SMPN
4 Cilegon yang memiliki dinamika unik. Hal ini bisa dilihat dari pembiasaan
individu dalam menanamkan maupun implementasi nilai nilai religius serta
interaksi sosial yang terjadi di SMPN 4 Cilegon dalam membentuk karakter
peserta didik yang religius dan integritas. Berbagai macam pertemanan yang ada
disana, mulai dari lingkungan hidup yang berbeda, sikap yang berbeda,
pengetahuan dan persepsi yang berbeda sehingga setiap pertemanan memiliki
dinamika yang berbeda dan cara mereka mengimplementasi nilai-nilai religius
juga berbeda.
Ada dua pertanyaan yang dijawab melalui penelitian ini (peran dan dampak
pertemanan sosial dalam implementasi nilai nilai religius peserta didik SMPN 4
Cilegon). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif terhadap
pertemanan sosial yang ada di SMPN 4 Cilegon. Pertemanan memiliki peran
yang cukup penting dalam implementasi nilai nilai religius. Bisa dilihat dari
informan yang memiliki peran mengingatkan, memberi maupun menjadi contoh
berperan sebagai seseorang yang aktif menggerakkan dalam implementasi nilai
nilai religius bisa tercapai secara baik. Kebiasaan yang dilakukan dalam
pertemanan sosialnya akan mempengaruhi kepribadian temannya dan menjadi
acuan mereka berperilaku. Sehingga, secara tidak langsung karakter masingmasing
individu
akan
terbentuk
sesuai
dengan
implementasi
nilai
nilai
religius
yang
ada di
dalam
pertemanan
sosialnya.
Setelah menganalisis data di lapangan menggunakan Miles dan Huberman
di lapangan, dapat disimpulkan bahwa peran pertemanan sosial yang menjadi inti
di dalam implementasi nilai nilai religius di SMPN 4 Cilegon membuat peserta
didik menjadi lebih berkembang dalam perkembangan karakter religiusnya.
Dampak peran pertemanan sosial dalam implementasi nilai-nilai religius pada
peserta didik di SMPN 4 Cilegon, membantu peserta didik untuk berkembang
dengan baik. | en_US |