Rancang Bangun Sepeda Listrik Dengan Menggunakan Motor Listrik Brushless Direct Current (Bldc)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi bagaimana merancang dan membuat
sepeda dengan menggunakan motor listrik berjenis BrushLess Direct Current (BLDC).
Menggunakan beberapa komponen pendukung seperti baterai, Battery Management System
(BMS), Controller atau pengendali, motor listrik arus searah dan juga relay. Jumlah baterai yang
digunakan adalah 65 buah yang dirangkai secara seri 13 set dan dirangkai secara paralel 5 set.
Hasil dari 65 baterai yang digunakan adalah 48 V dan 11 Ah. Menggunakan baterai Samsung ICR
18650 bertipe Lithium-ion Rechargeable Cell dengan kapasitas tiap baterai nya 3.3 V dan 2200
mAh. Adapun motor dynamo yang digunakan berjenis BLDC yang memiliki daya 300 Watt.
Metode penelitian ini menggunakan 3 kategori berat beban yaitu 50 kg, 55 kg dan 60 kg. Hasil
dari perancangan dan pembuatan sepeda dengan menggunakan motor dinamo arus searah dapat
dikategorikan kecepatan, waktu tempuh dan lama penggunaan baterai. Pengujian pada penelitian
ini menggunakan jarak 100 meter dan waktunya dihitung menggunakan stopwatch kecepatan
100% dengan kondisi jalan aspal datar. Sedangkan pengujian penggunaan baterai dengan cara
menghitung waktu penggunaan baterai dari kapasitas baterai penuh dalam keadaan kecepatan
penuh berkeliling sejauh 300 meter hingga kapasitas baterai kosong. Mendapatkan kecepatan rata
– rata pada tiap kategori berat badan yaitu 5.05 m/s untuk 50 kg, 4.92 m/s untuk 55 kg dan 4.58
m/s untuk 60 kg. Waktu tempuh untuk jarak 100 meter yaitu 18.17 detik untuk 50 kg, 20.15 detik
untuk 55 kg dan 21.87 detik untuk 60 kg. Adapun hasil dari lama penggunaan baterai memiliki
dua kategori yaitu lama nya penggunaan dan jarak total yang dapat ditempuh. Jarak yang dapat
ditempuh untuk berat 50 kg adalah 15 km, untuk berat 55 kg adalah 12 km dan berat 60 kg adalah
10.4 km. Hasil lama penggunaan yaitu 50 menit untuk 50 kg, 40.7 menit untuk 55 kg dan 37.8
menit untuk 60 kg. Perbedaan 5 kg pada setiap kategori beban memiliki dampak bagi hasil.
Semakin tinggi nilai berat badan maka lama penggunaan baterai, jarak tempuh dan kecepatan pun
menurun atau memiliki hasil yang nilainya lebih kecil. Semakin rendah nilai berat badan maka
pengurangan tegangan juga semakin menurun.
Collections
- Electric Engineering [783]