Perancangan Sistem Informasi Pembelajaran Memanfaatkan Gamifikasi (Studi Kasus Mata Pelajaran Matematika Di Smp Negeri 1 Mataram)
Abstract
Pada masa pandemi COVID-19 dan era revolusi industri 4.0 ini telah merubah pola
pendidikan yang ada sebelumnya dari tatap muka berubah menjadi daring (online). SMP
Negeri 1 Mataram merupakan salah satu sekolah yang menerapkan pembelajaran daring bagi
para siswa-siswinya selama masa pandemi. Google form biasanya digunakan untuk
menyampaikan soal-soal yang diberikan oleh guru. Sedangkan grup Whatsapp digunakan
untuk media informasi untuk berdiskusi materi serta informasi tugas dan sebagainya.
Berdasarkan hasil wawancara peneliti dengan Ibu Wardiyah selaku Guru di SMP Negeri 1
Mataram, permasalahan yang ada di SMP Negeri 1 Mataram yaitu media atau sistem
pembelajaran yang digunakan dalam proses belajar dan mengajar belum interaktif dan
menarik.
Diperlukan sebuah media pembelajaran yang interaktif dan menarik sehingga dapat
meningkatkan minat belajar siswa, yang di mana sistem informasi pembelajaran akan dibuat
dengan konsep yang menggunakan mekanika berbasis permainan. Penerapan sistem
informasi pembelajaran dengan gamifikasi ini difokuskan pada mata pelajaran matematika.
Perancangan sistem ini dibuat menggunakan metode pengembangan sistem protoyping.
Hasil dari penelitian ini adalah adanya sistem pembelajaran dengan menerapkan elemen
gamifikasi di dalamnya seperti level, poin, dan leaderboard. Hasil pengujian usabilitas
mendapatkan skor 4,25 untuk guru dan 4,04 untuk siswa yang berarti baik atau sistem dinilai
dapat memenuhi kebutuhan pengguna secara baik.
Collections
- Informatics Engineering [2148]