dc.description.abstract | Penelitian ini akan membahas perancangan User Interface dan User Experience pada
situs Bank Masalah yang ada di PT. Great Giant Pineapple dengan menggunakan metode
Design Thinking. PT. Great Giant Pineapple merupakan perusahaan yang berbasiskan
pertanian, kegiatan utamanya berupa perkebunan nanas dan pabrik pengalengan nanas
yang memiliki beberapa unit operasi di mana antara satu dan lainnya saling sinergis
sehingga menjadi suatu kesatuan operasi yang terpadu/terintegrasi dengan kegiatan utama
perkebunan nanas dan pabrik pengalengan nanas. Dikarenakan banyaknya unit operasi
besar yang ada di PT. Great Giant Pineapple maka dibutuhkan sebuah media / platform
ide ide inovasi yang terpusat agar dapat diakses oleh keseluruhan karyawan dari berbagai
unit operasi. Platform ide ide tersebut adalah Bank Masalah namun situs tersebut masih
memerlukan improvement dikarenakan masih belum efektif dan efisien berdasarkan
feedback dari pengguna. Maka Perancangan UI/UX situs Bank Masalah pada PT. Great
Giant Pineapple dengan metode Design Thinking dijadikan sebagai improvement untuk
membantu perusahaan dalam proses meminimalisir biaya, waktu, dan energi yang
dikorbankan oleh perusahaan untuk melihat ide ide improvement di lapangan serta proses
mengajukan ide ide improvement. Proses perancangan UI/UX pada penelitian ini
dilakukan dengan beberapa proses sesuai metode design thinking yaitu, emphatize, define,
ideate, prototype, dan test. cakupan perancangan yang akan dikembangkan ada dua yaitu
User Interface untuk menciptakan media komunikasi yang efektif diantara manusia dan
komputer, kemudian User Experience untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan
selama pengguna berinteraksi dengan sistem. Hasil dari penelitian ini berupa desain User
Interface & User Experience situs Bank Masalah dan hasil usabilitas dengan indikator
efektivitas, efisiensi, serta kepuasan. | en_US |