Perbaikan Aplikasi Pendamping Tuna Rungu Menggunakan Pendekatan Design Thinking Dan Evaluasi Usabilitas
Abstract
Bidang kesehetan menjadi salah satu segmen yang saat ini banyak dikembangkan pada
level start-up di Indonesia menjadi aplikasi digital dengan berbasis dari bidang kesehatan.
Hadirnya aplikasi kesehatan sangat didukung oleh pemerintah yang mana Kementerian
Kesehatan RI berusaha memberikan infomasi dan pelayanan publik secara elektronik
pada implementasi e-Government. Penelitian yang dilakukan pada aplikasi pendamping
tuna rungu yang bertujuan untuk mengoptimalkan UI/UX sehingga mampu menarik
minak pengguna dan dapat bersaing dengan kompetitor pada bidang yang sama.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dengan menggunakan pendekatan
Design Thinking dan evaluasi usabilitas untuk melakukan perbaikan aplikasi, didapatkan
hasil peningkatan pada nilai efesiensi sebesar 12,189 detik, kemudian nilai efektifitas
mendapatkan peningkatan persentase keberhasilan dalam mengerjakan tugas pada
aplikasi sebesar 47,22%. Kemudian pada aspek kepuasan meningkat dari sebelumnya
mendapatkan skor 70,83 atau marginal menjadi 85,41 atau excellent. Kemudian Hasil
pengujian UX untuk melihat tingkat responsiveness didapatkan bahwa pada aspek UX
terdapat tiga aspek yang mendapatkan peningkatan yang cukup signifikan dari lima aspek
yang dinilai, diantaranya aspek perspicuity yang mendapatkan peningkatan 0,95 poin,
aspek efficiency mendapatkan peningkatan 0,79 poin dan aspek novelty mendapatkan
peningkatan 0,96 poin.
Collections
- Industrial Engineering [2224]