Perancangan Taman Kanak-Kanak Di Kota Cilegon Dengan Pendekatan Elemen Alam Sebagai Media Pembelajaran
Abstract
Cilegon merupakan kawasan industri penghasil baja terbesar di Asia Tenggara. Pertumbuhan
kawasan industri pabrik-pabrik di Cilegon ini mengakibatkan peningkatan perpindahan penduduk ke Kota
Cilegon. Namun hal tersebut tidak diiringi dengan adanya fasilitas pendidikan yang merata pada kawasan
industri tersebut. Kawasan industri ini terletak pada Kecamatan Grogol, dimana salah satu fasilitas
pendidikan yang masih kurang adalah keberadaan Taman Kanak-kanak. Keberadaan TK di Grogol tidak
sebanding dengan tingginya jumlah penduduk pada kelompok usia 0-4 tahun. Dengan pertumbuhan
pabrik-pabrik di kawasan ini semakin berkurangnya lahan hijau mengingat lingkungan alam sangat penting
bagi pertumbuhan anak. Sehingga dalam tugas akhir ini, bertujuan untuk merancang tata massa untuk
taman kanak-kanak dengan memanfaatkan elemen alam serta merancang tata ruang agar harmonis pada
ruang dalam dan luar dengan penataan lansekap agar anak-anak lebih mengenal alam. Metode perancangan
dengan mengkaji preseden, hasil observasi dan berdasarkan teori, serta melakukan analisis yang kemudian
dilakukan tahap keputusan yang berarti pemilihan dan penerapan pada bangunan taman kanak-kanak alam
dengan elemen alam sebagai media pembelajaran. Perancangan TK alam menerapkan segala elemen alam
pada bangunan sebagai media pembelajaran untuk anak. Desain TK alam memiliki konektivitas ruang
dalam dan ruang luar agar anak-anak lebih mengenal alam. Koneksi tata ruang dengan elemen alam berupa
cahaya matahari diimplementasikan dengan menghadirkan adanya jendela dinamis yang dapat dimainkan
oleh anak di dalam ruangan, kehadiran air statis dan dinamis diaplikasikan dengan adanya kolam sedalam
50 cm serta waterfall pada sisi bangunan, pemilihan vegetasi untuk bercocok tanam serta vegetasi lainnya
sebagai media pembelajaran. Serta bentuk bangunan TK diaplikasikan dengan menghadirkan alam pada
material fasad bangunan yang bersifat alami.
Collections
- Architecture [3658]