dc.description.abstract | Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan
antara regulasi diri dalam belajar dan stres akademik selama pembelajaran daring.
Subjek pada penelitian ini berjumlah 148 mahasiswa. Penelitian yang dilakukan
menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan metode angket atau kuesioner
yang diberikan kepada partisipan. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi untuk
mengetahui hubungan antara regulasi diri dalam belajar dengan stres akademik pada
mahasiswa jurusan Psikologi di Universitas Islam Indonesia. Pengujian korelasi
dalam penelitian ini akan dianalisis menggunakan teknik korelasional product
moment pearson. Hasil uji hipotesis menunjukan adanya korelasi yang signifikan
yaitu p= 0,000 (p< 0,05), serta nilai koefisien r= 0,375, artinya semakin tinggi
regulasi diri dalam belajar pada mahasiswa maka akan semakin rendah tingkat stres
akademik yang dialami. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa
terdapat hubungan yang signifikan antara regulasi diri dalam belajar dan stres
akademik. | en_US |