Show simple item record

dc.contributor.authorRHIZADO FACHRI PRATAMA
dc.date.accessioned2023-01-13T08:34:23Z
dc.date.available2023-01-13T08:34:23Z
dc.date.issued2022-11-15
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/41783
dc.description.abstractSistem pengereman pada mobil terdiri dari dua komponen yaitu cakram dan kampas rem. Kedua komponen tersebut memiliki perannya masing masing. Cakram rem yang berputar dan terhubung langsung dengan roda dan kampas rem yang menghambat putaran tersebut dengan cara menggesekkan antara cakram dengan kampas rem sehingga kampas rem akan menghambat putaran dari roda yang terhubung dengan cakram sehingga akan menimbulkan gaya gesek (sliding friction) yang dapat memperlambat atau memberhentikan kendaraan. Penggunaan rem secara terus menerus akan menurunkan kualitas dari pengereman sendiri seperti menurunnya nilai koefisien gesek, aus, dll. Oleh karena itu penggantian cakram di periode tertentu harus dilakukan. Dikarenakan harga cakram orisinal mahal kebanyakan dari pengguna kendaraan mengganti cakram tersebut dengan produk imitasi yang dirasa harga lebih terjangkau dari pada produk cakram orisinal. Namun kualitas produk cakram imitasi tidak sebagus dari produk cakram orisinal. Pada penelitian ini akan menganalisis sifat mekanik seperti kekerasan dan sifat tribologi seperti koefisien gesek, kekasaran, aus, dan suhu pada cakram Toyota Agya 1.0 MT. Cakram yang digunakan adalah cakram orisinal dan imitasi. Pada penelitian juga berupaya untuk meningkatkan kualitas dari produk imitasi dengan metode perlakuan panas induksi. Berdasaran pengujian sebelum perlakuan kekerasan permukaan, produk orisinal mendapatkan hasil yang terbaik yaitu dengan hasil kekasaran 0,534 ± 0,041μm, total massa aus, 0,0037 gram, koefisien gesek 0,247 ± 0,019, suhu tertinggi 34 °C, dan kekerasan 213,7 ± 2 BHN. Kemudian produk imitasi memiliki kualitas terendah. Setelah perlakuan pengerasan induksi secara keseluruhan sudah berhasil menyerupai dan melebihi produk orisinal dengan parameter terbaik pada spesimen K3 dengan arus 1000 amepere dan waktu 15 detik menghasilkan suhu pada perlakuan panas induksi yaitu 613 °C. Dengan hasil pengujian kekasaran 0,752 ± 0,044 μm, total massa aus 0,0027 gram, koefisien gesek 0,289 ± 0,025, suhu tertinggi 36,2 °C, dan kekerasan 251,65 ± 14,75 BHN.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.titleAnalisis Mekanik Dan Tribologi Pada Cakram Orisinal Dan Imitasi Dengan Perlakuan Pengerasan Permukaanen_US
dc.Identifier.NIM18525138


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record